HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kapoldasu Hadiri Apel Pasukan Gabungan TNI - Polri, Pengamanan Natal 2019 & Tahun Baru 2020

Panglima TNI, Marsekal TNI DR (HC) Hadi Tjahjanto, SIP bersama Kapolri, Jenderal Pol Idham Aziz memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2019 di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12/2019).


Apel dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah Sumatera Utara ini dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapoldasu, Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, Pangkosekhanudnas III Medan, Marsma TNI Djhon Amarul SAB, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, para PJU TNI-Polri wilayah Medan dan para Pamen TNI-Polri.

Apel yang diikuti pasukan gabungan TNI-Polri, Basarnas, BPBD, Satpol PP, Dishub dan Ormas ini dipandu oleh Komandan Apel, Kolonel Inf Agustatius Sitepu yang juga Komandan Brigif 7/Rimba Raya, Kodam I/BB.

Selesai menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pimpinan apel melakukan pemeriksaan pasukan dan dilanjutkan penyematan tanda operasi kepada perwakilan personel dari Polantas, Pom AD, Sabhara dan Dishub.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas kesiapan seluruh satuan TNI dan Polri, pemda, ormas serta instansi terkait lainnya dalam menyukseskan pemananan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Terima kasih atas pengabdian yang tidak kenal lelah demi kepentingan masyarakat luas. Pengabdian tulus ini tentunya tidak terlepas dari kebanggaan dan kehormatan dalam melaksanakan tugas," ucap Panglima TNI.

Marsekal Hadi yakin, kesiapan yang dibarengi dengan sinergi dan kerja sama oleh seluruh komponen yang ada, akan dapat menjamin terselenggaranya perayaan Natal dan pergantian tahun dengan aman, tertib dan lancar.

"Hanya dengan cara itu kita dapat memaksimalkan penggunaan seluruh potensi yang ada. Hanya dengan bersatu, Indonesia akan menjadi negara yang maju. Satu lagi yang tidak kalah penting, partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga lingkungannya sendiri," papar Marsekal Hadi.

Di era yang diwarnai dengan komunikasi digital dan media sosial ini, sudah selayaknya kita memperkuat sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Gotong royong, toleransi, saling menghargai, serta kepedulian sosial tidak seharusnya tercabut dari akar budaya bangsa hanya karena teknologi.

"Kemajuan teknologi seyogyanya mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Manfaatkanlah komunikasi digital dan media sosial dalam berkoordinasi, menggalang jaringan sosial yang kuat. Dengan demikian upaya deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat dapat berjalan dengan lebih baik," pungkas Hadi.

Hadi juga mengaku bangga melihat generasi muda Indonesia terpanggil untuk turut mengamankan Natal dan Tahun Baru. Kesadaran semacam ini tentunya harus dipupuk dan dikembangkan di masyarakat luas.

"Saya berharap generasi-generasi penerus bangsa menjiwai semangat persatuan dan kesatuan dalam ke-Bhinneka-an, serta menyiapkan diri menjadi sumber daya manusia yang berkualitas," ungkapnya.

Usai menyampaikan amanat, Panglima TNI bersama Kapolri menyerahkan penghargaan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas berprestasi. Yakni, Sertu Mardi, Babinsa Koramil 03/Muara Labuh, Kodim 0309/Solok yang berhasil menyalamatkan balita terseret arus banjir di daerah Sungai Batang Pulake, Solok.

Kemudian kepada Bripka Hamonangan Sitanggang, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kota Baringin, Polres Sibolga yang membangun rumah belajar gratis bagi anak-anak yatim piatu.

Usai memberi penghargaan, Panglima TNI bersama Kapolri, unsur Forkopimda Sumut, dan para PJU Kodam I/BB dan Polda Sumut melakukan pelepasan patroli sepeda motor skala besar di wilayah Kota Medan sekitarnya.

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *