HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Alat Musik Kolintang Kebanggaan Masyarakat Indonesia

Expose.web.id,Kamis, 27 Juni 2019
Pukul : 19.00 - 23.30 Wib
Lokasi : Hotel Pasific Palace Lantai 9


Acara Festival lomba musik Kolintang memperebutkan Piala Presiden yang kedua berlangsung dengan sangat meriah, penuh suasana kekeluargaan dan keakraban, serta aman dan terkendali.
Acara tersebut dihadiri oleh Danrem Provinsi Kepulauan Riau Brigjen TNI Gabriel Lema, beliau memberikan pidato yang begitu menggugah rasa nasionalisme untuk mencintai NKRI dan selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan.
" Dengan melestarikan, mempertahankan tradisi seni budaya serta senantiasa menjaga warisan seni budaya  kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia yakni Alat Musik Kolintang ini, walau berasal dari Sulawesi utara, seni musik ini juga harus membudaya terbukti pesertanya bukan hanya dari menado saja tetapi dari surabaya, medan dan daerah lainnya, harus dirasakan, dipelajari dan dimiliki oleh seluruh masyarakat Kepulauan Riau khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya, dan kalau bisa kedepannya alat musik seni ini bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan bahkan mendunia, tuturnya."
Festival lomba musik Kolintang tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.si, Ketua DPP GPPMP (Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih) Jefrey Rawis, Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi Kepri Buralimar, Ibu Danlantamal IV Tanjung Pinang, Ibu Danlanal Batam Penny Marsetio, Direktur kesenian kementrian Pendidikan dan kebudayaan Dr.Restu, Sekretaris utama Basarnas Pusat Teddy Matheos yang juga merangkap sebagai Sekretaris Panitia,Walikota Batam H.M Rudi, S.E, M.M beserta Wawako Amsakar Achmad, Perwakilan Polresta Barelang, tokoh-tokoh pemuda dan masyarakat.
Tim awak media ini sempat mewawancarai Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua Dewan Panesahat GPPMP Ir. Max Rulan Boseke, M,si, Berikut petikan wawancaranya, Pesan moral apa yang dapat disampaikan kepada kepada seluruh masyarakat Indonesia pada festival lomba musik kolintang Piala Presiden RI yang ke-2 ini..??
 " Kita ketahui bersama musik kolintang ini adalah berasal dari Minahasa atau Menado Sulawesi Utara, dalam waktu dekat Pemerintah Indonesia sedang memperjuangkan usulab musik kolintang ini diakui oleh PBB melalu UNESCO sebagai musik kolintang milik bangsa Indonesia, jadi warisan bangsa Indonesia, tentunya dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga Batam sangat dibutuhkan, paling tidak bisa menyampaikan ke teman-teman bahwa kita harus dukung bersama musik kolintang, karena selama ini musik kolintang hanya banyak dikenal di daerah Indonesia tengah dan timur sedangan di daerah Indonesia barat belum, dan baru saat ini kita kenalkan, tentunya melalui Kota Batam mudah-mudahan musik kolintang makin dikenal di Indonesia barat. "
Apakah event ini akan terus berlanjut pak..??
" Secara rutin lomba mysik kolintang ini berlanjut, ini yang kedua sebelumnya di surabaya dan yang ketiga kita lihat nanti kesepakatan setelah rapat, yang jelas ini tetap berlanjut, tutup beliau. "
Tim awak media ini juga turut mewawancarai Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau Buralimar,
" Oh ya..Kolintang ini sebetulnya perlu di seluruh Indonesia berkembang dengan baik, ya ini kita koordinasi dengan Kota Batam, dan kabupaten kota dan dinas Patiwisata dan kebudayaan dengan satu tim nanti mengikuti lomba kolintang tingkat nasional,udah-mudahan nanti ada satu tim, tim inikan banyak ada yang dari Angkatan Laut, sekolah, mudah-mudahan kita bisa ikut ke tingkat nasional berikutnya. "
" Untuk kategorinya ini kita sesuaikan, ada mahasiswa, pelajar, ada ibu-ibu, kaum wanita dan aebagainya, asal jauh-jauh hari dipersiapkan, saya rasa bisa dikirim tim kita nanti, kita akan koordinasi nanti dengan kawan-kawan kabupaten dari dinas kebudayaan dan pariwisata, inikan bagian dari kebudayaan gitu, mewakili Kepri nanti kawan-kawan perantau dari etnis minahasa Kawanua bisa ikut serta,  sekalian balik kampung, canda beliau dengan senyum manis sambil berlalu. "
# TIM FERRARI #

Previous
« Prev Post

Contact Form

Name

Email *

Message *